Mobil Listrik dan Hibrida

Sepertinya kita telah menunggu selamanya untuk mobil listrik datang, tetapi setelah lebih banyak kesalahan awal daripada yang akan Anda lihat di Olimpiade London tahun ini, sepertinya mobil listrik akhirnya akan bertahan.

Sekarang, kita perlu memulai dengan beberapa terminologi yang membosankan: Mobil listrik sejati (EV, untuk Kendaraan Listrik) tidak memiliki mesin bensin sebagai cadangan, jadi Anda bergantung pada baterai yang memiliki cukup daya untuk membawa Anda ke tempat yang Anda tuju. Nissan Leaf adalah mobil listrik paling terkenal (dan terbaik) yang saat ini dijual.

Mobil Listrik dan Hibrida

Hibrida biasa menggunakan motor listrik dan / atau motor bensin, tergantung situasinya. Anda tidak perlu mencolokkannya ke stopkontak saat baterai mengisi daya saat Anda mengemudi. Perjalanan biasa, meski singkat, akan menggunakan tenaga listrik dan bensin untuk menggerakkan roda. Toyota Prius adalah mobil hybrid paling populer dan paling terkenal yang dijual di seluruh dunia.

Sebuah plug-in hybrid, mobil listrik "range-extending", secara teknis lebih merupakan hibrida mewah daripada EV sejati meskipun ia lebih dikendarai seperti EV daripada hibrida biasa.

Dalam praktiknya mungkin ada perbedaan besar atau tidak sama sekali, tergantung bagaimana Anda menggunakan mobil. Range-extender, atau plug-in hybrid, seperti yang lebih dikenal, memiliki mesin bensin yang dapat digunakan untuk menyalakan motor listrik setelah baterai habis, tetapi mesin bensin tidak langsung menggerakkan roda *.

Si kembar Vauxhall Ampera / Chevrolet Volt adalah contoh utama dari jenis mobil ini, dan mereka mengklaim konsumsi bahan bakar perkotaan 300mpg (ya, itu tiga ratus. Bukan salah ketik!)

Mobil yang dijalankan dengan motor listrik biasanya sangat sunyi (kesunyian yang menakutkan atau dengungan di kejauhan alih-alih suara mesin bensin yang terdengar jelas) dan halus (tidak ada getaran dari mesin atau kotak persneling). Respons dari mobil yang jauh dari keadaan diam langsung dan bertenaga, karena motor listrik menghasilkan torsi yang sangat besar secara instan. Mereka tenang dari luar hingga, sedemikian rupa sehingga UE mempertimbangkan untuk membuat peringatan bersuara wajib di masa depan karena pejalan kaki tidak akan mendengar mobil listrik datang.

Dari segi handling yang mengasyikkan, mobil tukang listrik bintaro biasanya tidak brilian, harus dikatakan begitu. Mereka cenderung sangat berat dan biasanya roda & roda berjalan lebih menguntungkan untuk ekonomi daripada penanganan. Tapi sebagai kendaraan komuter keliling kota, mereka lincah dan efisien. Ditambah mereka menghasilkan lebih sedikit kebisingan, panas dan polusi ke jalan sehingga kemacetan lalu lintas Nissan Leafs di kota akan jauh lebih menyenangkan bagi pejalan kaki yang lewat.

Baterai pada mobil listrik tipikal hanya memberikan jarak yang cukup untuk beberapa mil (meskipun EV yang sebenarnya akan memiliki paket baterai yang lebih besar karena tidak harus muat dengan mesin bensin & tangki bahan bakar juga), jadi mobil menggunakan berbagai artinya untuk mengisi baterai saat mengemudi.

Biasanya ini melibatkan pengubahan energi kinetik dari meluncur dan pengereman menjadi energi listrik untuk disimpan di baterai. Fisker Karma bahkan memiliki sel surya di atapnya untuk mengisi baterai juga.

Namun, perjalanan yang lebih jauh pasti akan membuat baterai terkuras. Dalam mobil listrik penuh itu berarti Anda harus berhenti dan mengisi baterai, jadi semoga Anda memarkir di dekat stopkontak di suatu tempat dan memiliki beberapa jam untuk mencari hal lain untuk dilakukan. Dalam hibrida, mesin bensin akan menyala untuk memberikan tenaga.

Pada mobil hybrid biasa seperti Prius, mobil tersebut secara efektif menjadi mobil bensin biasa, meskipun dengan mesin yang kurang bertenaga mendorong mobil yang berat sehingga tidak gesit. 

Dalam 'range extender' seperti Ampera / Volt, mesin bensin memberikan energi ke motor listrik untuk menggerakkan roda, yang lebih efisien baik dalam kinerja maupun ekonomi. Bergantung pada cara Anda mengemudi, energi cadangan apa pun dari mesin bensin dapat digunakan untuk mengisi kembali baterai, sehingga mobil dapat beralih kembali ke tenaga listrik setelah pengisian selesai.